Waspada Aquaplaning! Pengalaman Pahit Pengendara Fortuner Saat Hujan Deras

Berita Trending Harian – Hujan deras yang mengguyur berbagai wilayah di Indonesia tak jarang membuat jalanan menjadi licin. Hal ini meningkatkan risiko terjadinya aquaplaning, yaitu kondisi di mana ban kendaraan kehilangan traksi dengan permukaan jalan akibat genangan air. Baru-baru ini, seorang pengendara Fortuner bernama Agus (42 tahun) mengalami kecelakaan akibat aquaplaning saat melintasi jalanan yang tergenang air di kawasan Jakarta Selatan. Agus menceritakan pengalaman pahitnya saat itu. “Hujan deras turun begitu tiba-tiba. Saat melintasi jalanan yang tergenang air, tiba-tiba mobil saya kehilangan kendali dan tergelincir,” ujarnya. “Saya panik dan berusaha mengerem sekuat tenaga, tapi mobil tidak mau berhenti. Mobil terus melaju ke arah kanan jalan dan menabrak pembatas jalan,” tambahnya. Beruntung, Agus tidak mengalami luka serius dalam kecelakaan tersebut. Namun, mobilnya mengalami kerusakan yang cukup parah. Kejadian ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu waspada terhadap bahaya aquaplaning saat hujan deras. Berikut beberapa tips untuk menghindari aquaplaning:



Berita Terupdate

1. Kurangi Kecepatan

Saat hujan deras, kurangi kecepatan kendaraan Anda. Hal ini akan memberikan Anda lebih banyak waktu untuk bereaksi jika mobil kehilangan kendali.

2. Jaga Jarak Aman

Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan Anda. Hal ini akan memberi Anda ruang yang lebih luas untuk bermanuver jika mobil di depan Anda tiba-tiba mengerem atau tergelincir.

3. Nyalakan Lampu Sein

Nyalakan lampu sein saat akan berbelok atau berpindah jalur. Hal ini akan membantu memberi peringatan kepada pengendara lain tentang pergerakan Anda.

4. Hindari Jalan yang Tergenang Air

Jika memungkinkan, hindari jalan yang tergenang air. Jika Anda harus melewati jalan yang tergenang air, cobalah untuk melewati bagian tengah jalan di mana genangan air biasanya lebih sedikit.

5. Gunakan Ban yang Tepat

Pastikan ban kendaraan Anda dalam kondisi yang baik dan memiliki alur yang cukup. Ban dengan alur yang dalam akan membantu meningkatkan traksi dengan permukaan jalan.

6. Periksa Tekanan Ban

Periksa tekanan ban kendaraan Anda secara berkala. Pastikan tekanan ban sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrikan.

7. Lakukan Perawatan Kendaraan Secara Rutin

Lakukan perawatan kendaraan Anda secara rutin, termasuk memeriksa rem, suspensi, dan sistem kemudi. Hal ini akan membantu memastikan bahwa kendaraan Anda dalam kondisi prima dan aman untuk dikendarai.

8. Tetap Waspada dan Berkonsentrasi

Saat mengemudi, selalu waspada dan berkonsentrasi penuh pada jalanan. Hindari mengemudi sambil bermain handphone atau melakukan aktivitas lain yang dapat mengganggu konsentrasi Anda.

Kesimpulan

Aquaplaning merupakan salah satu bahaya yang dapat terjadi saat mengemudi di jalanan yang basah. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membantu menghindari aquaplaning dan menjaga keselamatan diri Anda saat berkendara di kala hujan deras.