Mengenal Tanjung Papuma Jember, Eksotisme Pantai Terbaik di Jawa

Tanjung Papuma Jember telah dinobatkan sebagai salah satu pantai terbaik di seluruh Pulau Jawa. Pantai yang berlokasi di desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Jember, Jawa Timur ini, memiliki pesona alam yang sangat sayang Anda lewatkan. Tanjung Papuma baru-baru ini telah resmi berkembang menjadi destinasi pariwisata yang disahkan oleh Perhutani provinsi Jawa Timur.

Eksotisme Pantai Tanjung Papuma Jember yang Layak Jadi Destinasi Wisata Terbaik

Pantai dengan nuansa alam yang indah nan asri merupakan destinasi wisata populer bagi kebanyakan orang. Tanjung Papuma sendiri memiliki keunggulan yang membuatnya terkesan berbeda dari pantai-pantai lain. Salah satunya yakni memiliki letak pantai yang menjorok ke laut. Oleh karena itu, masyarakat akhirnya mengenalnya dengan sebutan “Tanjung”.

Sementara Papuma, merupakan singkatan dari kata “Pasir Putih Malikan” yang dipilih oleh Perhutani saat membuka wisata ini. Adapun berbagai daya tarik serta informasi lainnya, Anda bisa dapatkan sebagai sumber referensi ketika ingin berkunjung nanti. Berikut ini berbagai hal tentang pantai Tanjung Papuma yang harus Anda ketahui.

Daya Tarik Pantai Tanjung Papuma Jember

Menjadi destinasi wisata cukup populer di Jawa Timur, Tanjung Papuma memiliki pemandangan yang indah dan eksotis. Bagian daratannya yang menjorok ke laut, berpadu dengan birunya pantai dan putihnya pasir cukup mengundang decak kagum bagi para wisatawan.

Anda dapat menikmati keindahannya dengan bermain air atau menaiki perahu boat yang tersedia. Keunikan lain yang tersimpan di pantai ini adalah banyaknya batu karang dan memiliki nama berbeda-beda.

Setelah puas menikmati keindahan pantai ini, Anda bisa menghabiskan waktu berenang di bibir pantai bersama keluarga. Jangan khawatir, pantai Tanjung Papuma memiliki arus air yang tenang, sehingga aman kita gunakan untuk berenang.

Keunikan lain yang Pantai Tanjung Papuma miliki adalah menjadi spot foto Instagramable. Dengan keindahan yang memukau sejauh mata memandang, tentu akan menghasilkan momen tak terlupakan. Terlebih lagi, pada waktu tertentu, air pantai akan berubah warna menjadi tosca. Tentunya akan sangat indah dan menjadi pengalaman istimewa.

Hidangan Laut Pantai yang Lezat

Setelah lelah bermain air, jangan lewatkan nikmatnya hidangan laut yang masih segar. Para wisatawan dapat melihat aktivitas nelayan di pantai usai berlayar secara langsung. Sehingga, Anda dapat melihat sekaligus berbelanja aneka jenis ikan, serta hewan laut lainnya.

Namun pastikan untuk datang sekitar pukul 11.00 sampai 13.00 siang. Karena di waktu ini, biasanya nelayan baru saja selesai melaut dan membawa hasil tangkapan mereka. Oleh karena itu, aneka seafood masih dalam kondisi yang segar dan fresh.

Jam Buka dan Harga Tiket

Pantai Tanjung Papuma Jember dibuka untuk umum sepanjang hari selama 24 jam. Anda bisa menikmati aneka fasilitasnya seperti tempat istirahat, penginapan, mushola, dan restoran yang ada di kompleks wisata ini. Namun demikian, pastikan perjalanan Anda benar-benar sesuai dan terencana.

Karena jarak tempuh destinasi wisata dengan kota Jember memakan waktu hingga 40 kilometer. Harga tiket masuknya pun relatif murah. Anda hanya harus merogoh kocek sebesar Rp15.000 saja dan sudah bisa mengeksplor tempat wisata ini.

Pantai Tanjung Papuma  Jember Vs Pantai Watu Ulo, Mana yang Lebih Indah?

Sebenarnya, setiap pantai memiliki karakteristik dan keindahan masing-masing. Saat berkunjung ke Pantai Tanjung Papuma Jember, Anda akan disuguhkan oleh hamparan pantai yang bersih, dan air biru toska nan indah. Terlebih lagi, daratan berbentuk tanjung yang menambah keunikannya.

Sementara itu, Pantai Watu Ulo memiliki keunggulan lainnya yang juga wajib Anda ketahui. Selain eksotisme pantainya, Watu Ulo juga memiliki sisi sejarah yang cukup kental sehingga membuat tempat ini juga layak Anda kunjungi.

Bahkan, Anda dapat melihat upacara-upacara yang dilakukan oleh warga sekitar. Larung sesaji ini tentunya memberikan pengalaman tersendiri bagi para wisatawan yang baru saja menyaksikan.

Jadi kedua pantai ini tentunya mempunyai keunikan yang memikat pengunjung. Jika berkunjung ke Pantai Tanjung Papuma Jember, tidak ada salahnya jika Anda mampir ke Pantai Watu Ulo juga.

Sumber: https://3titik.com